Alat Pelindung Diri Saat Bekerja

Alat Pelindung Diri Saat Bekerja

alat pelindung diri
alat pelindung diri


Sebagai pihak perusahaan, Anda bertanggung jawab atas lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi karyawan Anda. Anda harus memahami resiko keselamatan dalam bekerja, serta langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah resiko tersebut. Untuk membantu Anda memahaminya, berikut ini kami paparkan sedikit penjelasan mengenai alat pelindung diri dan jenis-jenisnya sebagai bagian dari langkah dalam mencegah resiko keselamatan saat bekerja.

Apa itu Alat Pelindung Diri?

Seperti dengan namanya, alat pelindung diri berarti alat atau peralatan yang Anda gunakan untuk menjamin keselamatan Anda sendiri. Anda dapat menggunakan alat ini di mana saja dan kapan saja saat Anda memerlukannya. Namun, ada hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu amati instruksi penggunaan, bersihkan dan rawat alat dengan baik, dan periksa secara teratur alat agar dapat selalu melindungi Anda dengan baik.

7 Jenis Alat Pelindung Diri Beserta Tipsnya

Alat untuk melindungi diri saat bekerja ada banyak jenisnya. Agar Anda dapat melindungi diri Anda secara menyeluruh, berikut ini adalah 7 jenis alat pelindung diri yang wajib Anda gunakan saat bekerja.

  1. Keamanan untuk kepala
alat pelindung diri

Untuk melindungi dan mencegah cedera kepala, Anda dapat menggunakan helm proyek atau yang biasa disebut dengan helm safety. Mengenakan helm proyek menawarkan perlindungan dari cedera kepala. Untuk itu, pilihlah helm proyek yang kokoh yang sesuai dengan kondisi kerja. Saat ini, Anda dapat menemukan banyak model helm proyek yang elegan di pasaran.

2. Keamanan untuk mata

alat pelindung diri

Mata adalah bagian tubuh yang paling kompleks dan rapuh. Menurut penelitian, setiap hari, lebih dari 600 orang di seluruh dunia mengalami cedera mata selama bekerja. Untuk melindungi bagian mata Anda saat bekerja, maka Anda memerlukan kacamata safety. Hal ini dikarenakan kacamata safety ini dapat membantu Anda mencegah cedera pada mata dan melindungi mata dari paparan cahaya terang atau radiasi infra merah yang mungkin Anda terima selama bekerja.

3. Keamanan untuk telinga

alat pelindung diri

Jika Anda bekerja di lingkungan dengan tingkat suara yang tinggi, maka sangat penting untuk mempertimbangkan menggunakan alat pelindung telinga. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan alat pelindung telinga ini, Anda dapat menjaga gendang telinga Anda tetap aman dari kebisingan yang keras sambil menjaga kualitas kerja Anda. Adapun ear protection ini dapat berupa earmuff dan earplug.

4. Keamanan untuk alat pernapasan

alat pelindung diri

Mengenakan masker di tempat kerja adalah hal yang wajib, terutama ketika bersentuhan dengan bahan berbahaya. Namun, tidak hanya ketika terpapar bahan berbahaya saja, para pekerja perlu menggunakan masker setiap hari karena saat melakukan pekerjaan mereka, para pekerja akan terpapar uap, asap, bubuk atau debu yang sama sekali tidak baik bagi kesehatan organ pernapasan. Masker ini sendiri dirancang sedemikian rupa sehingga melekat erat pada wajah untuk melindungi hidung dan mulut terhadap polusi yang berbahaya, sehingga dapat memberikan perlindungan menyeluruh pada alat pernapasan terhadap debu halus dan partikel berbahaya lainnya.

5. Keamanan untuk tangan

alat pelindung diri

Sangat bekerja, tangan merupakan salah satu organ tubuh yang paling banyak digunakan. Untuk itu, tidak heran jika tangan dan jari sering terluka. Untuk melindungi tangan Anda dari cedera yang mungkin terjadi, maka Anda perlu menggunakan sarung tangan safety. Bergantung pada sektor tempat Anda bekerja, Anda dapat menggunakan sarung tangan safety untuk berbagai aplikasi:

  • perlindungan terhadap getaran
  • perlindungan terhadap luka atas benda tajam
  • perlindungan terhadap dingin atau panas
  • perlindungan terhadap resiko bakteriologis
  • perlindungan terhadap percikan dari bahan kimia yang diencerkan.

6. Keamanan untuk kaki

alat pelindung diri

Selain tangan, kaki Anda pun perlu dilindungi. Sepatu safety dan sepatu boot adalah solusi ideal untuk melindungi kaki Anda terhadap kemungkinan cedera akibat beban yang berat saat bekerja.

7. Keamanan untuk tubuh

alat pelindung diri

Mencegah kecelakaan sangat penting. Itulah mengapa visibilitas yang baik di tempat kerja adalah keharusan: jaket dan celana visibilitas tinggi yang terbuat dari bahan yang kuat dapat membantu mencegah cedera. Jaket dan celana visibilitas tinggi ini dapat berupa wearpack atau rompi safety.

Itulah 7 jenis alat pelindung diri yang wajib Anda gunakan saat bekerja. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, siapkan alat-alat pelindung diri ini sekarang juga! Untuk memperoleh alat pelindung diri terbaik, maka Anda dapat memperolehnya melalui Toko Safety Murah. Toko Safety Murah merupakan online shop yang bergerak di bidang alat-alat safety atau alat-alat keselamatan kerja, berdiri sejak tahun 2016 dan terus bertumbuh sebagai toko alat-alat safety terpercaya dan terlengkap. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Toko Safety Murah di https://www.tokosafetymurah.com/.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat